Search

Friday, February 10, 2017

[PROJECT] Magic Mirror alias Cermin Ajaib



“magic mirror, on the wall – who is the fairest one of all?”

Kalimat ini tentunya sering kita dengar, minimal pernah dengar terutama bagi pecinta film animasi klasik Disney. Yap, kalimat yang sering diucapkan oleh sang Evil Queen kepada cermin ajaibnya.
Nah, bagaimana kalo kita memiliki sebuah cermin anti main-stream, g hanya buat bercermin tapi di era internet dan IoT ini, ada hal lain yang bisa kita sajikan dalam kegiatan kita bercermin. Misal menampilkan jam, tanggal, prakiraan cuaca, agenda pribadi, headline berita, bahkan sampe memutar musik dengan voice/gesture-controlled. Dan tak kalah kerennya, bisa mengenali siapa yang sedang bercermin dan menampilkan informasi (pre-setting) yang bersesuaian dengan profilnya.
Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba sharing MagicMirror yang saya buat.

MAIN PARTS (hardware)

  • Display panel/monitor. Saya pake led panel dari TV Hisense 24". Katanya sih ini buatan Indonesia. Dimensi terluar led panel dr TV ini adalah 32cmx54,5cm. Saya hanya mengambil isi dari TV tsb. Frame-nya tidak dipake karena dimensinya cukup besar yang akan berpengaruh terhadap hasil akhir cermin yang saya inginkan.
  • One-way mirror. awalnya saya mengira, cermin ini bakal susah diperoleh (di Bandung), ternyata malah dijual di toko kaca biasa. Ukuran cermin yang saya pake adalah 32cmx54,5cm seharga 120rb disini. Ukuran cermin yang akan digunakan sebenarnya silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Frame. Berhubung hasil akhir yang saya inginkan adalah cermin dengan frame kayu, saya membuat desain frame-nya pake SketchUp. Tapi sayangnya, setelah menghubungi beberapa workshop/tukang kayu, tidak ada yang mau menerima orderan dengan desain yang saya buat. Mungkin juga saya mengunjungi tempat yang salah. Akhirnya desain dibuat menjadi 2 part yaitu frame depan order ke tukang pigura, dan frame belakang pesan ke tukang kayu biasa. Yang ini habis 130rb. Mestinya sih bisa lebih murah klo bikin sendiri dan punya bahan2nya ato punya tukang kayu langganan. Jika Anda memutuskan untuk membuat cermin frame-less, bagian ini dapat diabaikan.
  • Raspberry pi (raspi). Untuk otak MM, saya pake raspi 3 model B dengan OS Raspbian Jessie. Untuk instalasi OS Raspbian, silakan ikuti petunjuknya disini
  • Micro SD Card. Diperlukan 1 micro SD CARD berukuran minimal 16 GB (8 GB sih cukup, tapi mending berlebih daripada kurang) untuk keperluan instalasi OS dan software lainnya.
  • Kabel HDMI. Untuk menghubungkan raspberry output ke TV/monitor.
  • Kabel Power TV dan Adaptor+Kabel Power Raspi. Jelas perlu lah, ntar dpt powernya darimana? :P Khusus untuk adaptor Raspi, sebaiknya menggunakan adaptor dengan keluaran 5V 2A.

MAIN PARTS (software)

  • MagicMirror. Saya menggunakan software yang dibuat oleh seorang blogger yang baik hati, berbasis Node.JS, dan diberi nama MagicMirror (MM). Dengan modularitas platform MM dan dukungan para kontributor/developer dari seantero dunia, maka kini MM memiliki banyak modul yang dapat dipilih dan diinstal sesuai keperluan kita. Cara instalasi MM dan modul-modulnya bisa dilihat disini.

ACCESSORIES/OPTIONAL PARTS

  • Pi-Camera (pi-cam). MM saya mengimplementasikan modul Facial-Recognition sehingga diperlukan sebuah camera. Alternatif lainnya, bisa menggunakan USB Web Camera (saya sudah pernah mencobanya juga menggunakan USB Web Cam Logitech). Tapi dengan alasan kepraktisan bentuknya, diputuskan menggunakan pi-cam.
  • PIR Sensor (HC-SR51). Sensor ini untuk keperluan monitor control (on/off secara otomatis) atau dimmed-info. Info di layar akan ditampikan jika cermin mendeteksi adanya gerakan.
  • USB Microphone. Untuk keperluan input voice-control. Saya membelinya disini.
  • Wireless keyboard+mouse. Untuk mengontrol raspi selama proses development/setup software yang diperlukan.

INSTALASI

  1. jika semua bahan sudah siap, silakan diinstal sesuai ilustrasi gambar diatas.
    Untuk kustomisasi tampilan, sensor dan lainnya akan dibahas di tulisan terpisah.
  2. pasang semua kabel-kabel (minimal):
    • kabel HDMI dari raspberry ke input TV/monitor
    • kabel power TV dan raspberry
  3. jika sudah OK semua, MM sudah siap dijalankan dan beraksi.
 

Selamat mencoba.

REFERENSI

https://magicmirror.builders

33 comments:

  1. Top dah mantap gan (y), boleh di coba nih project-nya ane tertarik :).

    Kalau pake LCD/LED Touch Screen bakal lebih seru dan mantap nih, jadi biar magic mirror nya makin top :D.

    Oh iya gan, itu Display Panel/Monitor nya harus sama besar ya sama One-Way Mirrornya, atau gak harus sama besar?

    Dan itu kan project yang agan buat, Magic-Mirrornya tegak lurus (horizontal), kalau dibuat melintang (vertical) bisa gak gan?

    ReplyDelete
  2. Klo mau touch-screen, tinggal tambahin IR-TouchPanel. Mmg sengaja g ditambahin touch screen krn cermin bakal sering kotor. Sedang ngembangin voice-control, jd g perlu touch lagi.
    Orientasi display bebas.
    klo monitornya g sebesar cermin-nya, no problem. hanya saja ntar kan yang ada tampilannya hanya sebesar monitor aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, boleh minta source code nya?

      Delete
    2. assalamualaikum pak boleh minta kontak nya?
      saya mau belajar

      Delete
  3. Jadi, itu cermin biasa ama LCD/LED biasa bisa ya gan di jadiian touch screen, tinggal kita nambah IR-TouchPanel aja? Atau harus pakai cermin yang khusus?

    Maklum gan ane newbie, baru beli Raspberry Pi 3, tapi belum ane coba2in, soalnya bingung mau buat project apa, hee.

    ReplyDelete
  4. Jadi kalau mau buat Touch Screen, installasinya kalo dari depan begini ya gan:

    Frame
    IR-TouchPanel
    Cermin
    One-Way-Mirror
    Monitor
    Raspi (Raspbian & MM)

    Atau bagaimana gan instalasinya?
    Sekalian mau tanya: One-Way Mirror itu apa gan, "cermin khusus" atau stiker cermin warna hitam dibelakang cermin itu?

    ReplyDelete
  5. urutannya:
    Frame
    IR-Touch Panel
    one-way mirror (g pake cermin)
    Monitor
    Raspi (MM installed)

    one-way mirror itu cermin khusus yaitu jika akan berfungsi spt cermin jika arah berlawanannya lebih gelap. Jika dilihat dr arah yg lebih gelap, berfungsi spt kaca biasa (spt interrogation room di film2).

    ReplyDelete
  6. OK gan thanks atas share ilmunya, bermanfaat banget.

    Oh iya itu kan Magic Mirrornya punya agan, agan buat panjang dari atas ke bawah, kalo kita buat manjang ke samping bisa gak kan? Apakah harus ngoding lagi kalo mau buat cerminnya itu manjang ke samping? Itu gimana gan?

    ReplyDelete
  7. default video output raspberry justru horizontal. Vertikal itu dengan cara setting rotate display-nya di config raspberry.

    ReplyDelete
  8. kalo pake pc biasa bisa gk pak..gk pake raspberry

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya sih bisa. Tapi saran saya, OS-nya pake Debian.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Mantap gan ..keren
    Oiya gan itu one way mirrornya bahannya kaca atau acrylic? Saya lihat di youtube kebanyakan pakai yang acrylic..di Indonesia namanya apa ya kalau mau beli..terima kasih banyak sebelumnya πŸ™πŸ™..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake one-way mirror. Coba aja tanyain di toko spesialis kaca. Saya jg dptnya di toko spesialis kaca biasa.

      Delete
  11. hi there. is the camera behind the glass?

    ReplyDelete
  12. Boleh liat frame belakangnya ga? atau boleh minta file SketchUp-nya? nuhun.

    ReplyDelete
  13. salam dari Malaysia, one way mirror boleh detect touch screen monitor tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga. tidak bisa detect touch screen monitor. Tp klo mau bwt spy MM-nya touch-screen, bisa pake IR-frame (misal http://prodisplay.com/products/interactive-infrared-ir-retrofit-touch-frame/).

      Delete
  14. assalamualaikum, salam kenal pak slamet, saya bilki dari bandung jg mau tanya apakah ir frame 70" dengan led 42" bisa berfungsi?rencana saya mau buat magic mirror photobooth..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.
      Blm pernah pake IR-Frame, tp mestinya utk TV 42" pakenya jg IR-Frame utk 42" jg.

      Delete
  15. assalamualaikum,
    selamat malam pak saya ingin menanyakan kalkulasi harga untuk pembuatan sampek berapa,
    saya ingin membuat tugas akhir kayak gini

    ReplyDelete
  16. Permisi pak,itu memang harus jessie?sekarang di raspberry adanya strecth

    ReplyDelete
  17. saya berminat utk membuatnya, a0akah saya bisa menghubungi mas slamet?thanks(berry)

    ReplyDelete
  18. Halo...
    Pak mau tanya, berarti ukuran cerminnya tergantung pada ukuran LCD nya ya Pak??
    Kalau untuk cermin kamar mandi mall gitu, kira2 bisa pakai apa ndak ya Pak?

    ReplyDelete
  19. halo pak, apakah bapak juga menjual smart mirror? kalau bapak jual saya sangat tertarik

    ReplyDelete
  20. pak, cara merubah agar tampilan menjadi indonesia gimana ya?

    ReplyDelete
  21. boleh minta kontaknya....saya tertarik membelinya

    ReplyDelete
  22. bismillah.
    apakan bapak pernah membuat modul sendiri ?
    dimana tutorial untuk membuat modul ya ?

    ReplyDelete
  23. Pak boleh minta kontaknya? Saya tertarik buat bahan menjadi TA saya

    ReplyDelete